Muncul Flek Saat Hamil

Muncul Flek Saat Hamil? Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Selama masa kehamilan, wanita hamil perlu mengurangi beberapa kegiatan karena tubuh lebih rentan terhadap berbagai macam kondisi kandungan, seperti keluar bercak darah atau flek saat hamil. Sebenarnya flek tersebut terkadang terjadi di awal trimester pertama dan tidak selalu membahayakan kondisi ibunya dan janin.

Flek yang normal ditandai dengan keluarnya sedikit bercak saja, tapi perlu Anda waspadai jika mengeluarkan lebih banyak darah dari umumnya. Jika Anda mengalami flek di awal-awal masa kehamilan, Anda tidak perlu buru-buru panik. Tangani terlebih dahulu dengan memakai cara sebagai berikut.

Jangan Terlalu Panik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu jangan terlalu panik. Memang mengeluarkan bercak yang tidak seharusnya saat hamil membuat calon ibu siapa pun akan panik. Namun, jika Anda terlalu panik, nantinya akan mempengaruhi kesehatan janin Anda dan memicu mengeluarkan lebih banyak bercak.

Jangan Melakukan Kegiatan Terlalu Berat

Meskipun sedang hamil, Anda jangan malas bergerak karena tubuh juga harus tetap fit selama kehamilan. Tapi, kegiatan yang dilakukan ada baiknya jangan terlalu berat karena akan menyebabkan terlalu kelelahan. Jangan mengangkat benda yang terlalu berat atau dalam jumlah yang banyak, apalagi harus menggunakan tangga.

Hindari Stress

Flek saat hamil akan menjadi semakin parah kalau Anda terlalu stress. Sebisa mungkin hindari pikiran-pikiran stress agar tidak mempengaruhi psikologis janin Anda. Sebaiknya lakukan hal positif, seperti mendengarkan lagu, olahraga ringan, atau menceritakan masalah Anda pada pasangan mau pun orang terdekat.

Segera ke Dokter Kandungan

Flek pada masa kehamilan sebenarnya dapat sembuh setelah 3 sampai 5 hari. Namun, jika Anda terlalu takut mengatasinya sendiri, Anda bisa ke dokter untuk berkonsultasi lebih jelasnya. Ceritakan semua keluhan Anda agar dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat pada flek yang sedang Anda alami. Jangan lupa, lakukan juga semua petunjuk dan saran dokter agar kehamilan Anda dapat tetap terjaga.

Menjalankan Pola Hidup Sehat

Setiap orang harus menjalankan pola hidup sehat, apalagi seorang ibu hamil. Ketika mulai masuk masa kehamilan, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki nutrisi yang baik untuk Anda dan janin. Carilah makanan-makanan mau pun minuman yang tepat untuk dikonsumsi ibu hamil, dengan begitu pertumbuhan janin akan sempurna dan mencerdaskan janin Anda dari sejak dalam kandungan.

Memperbanyak Air Putih

Ketika hamil, Anda tentu harus mencukupi asupan air putih Anda agar tubuh tetap terdehidrasi dengan baik beserta janinnya. Rutinlah minum air putih setiap hari agar flek saat hamil semakin berkurang bahkan mencegahnya semakin bertambah parah. Tidak hanya itu, air putih juga ampuh menghilangkan racun di dalam tubuh dengan mengeluarkannya melalui keringat mau pun urine.

Jika Anda mengalami flek saat hamil, Anda jangan terlalu panik terlebih dahulu. Segera cari tahu apa penyebabnya karena ada beberapa jenis flek yang dapat dialami ibu hamil. Kalau bercaknya sedikit, berarti fleknya masih normal, namun kalau sudah terlalu banyak darahnya, maka Anda harus segera ke dokter.